Selasa, 02 September 2008

jumat 29-08-08


Memasasang catridge:

Fungsi sokcbreker suatu saat dapat berkurang tanpa terasa, karena pemakaian yang terus menerus. Tanda-tandanya dapat terlihat ketika melewati jalan yang tidak rata. Walaupun melewati jalan yang bergundukan kecil, efek pada mobil akan sangat terasa. Seakan ayunannya tidak mau berhenti. Mau tak mau hal ini akan sangat menimbulkan ketidaknyamanan.

Pada jenis mobil tertentu, sockbreker depan bersatu dengan mangkuk pernya. Untuk model ini, harganya di pasaran cukup tinggi. Untuk menyiasati harga sockbreker Anda yang sudah berkurang fungsinya dapat dirubah menjadi sockbreker model cartridge. Tipe ini terdiri dari tabung sockbreker dan asnya saja. Sockbreker semacam ini yang akan jadi isi dari selongsong lama. Disamping harganya lebih murah juga merupakan penghematan. Anda tidak perlu membeli perangkat sockbreker utuh. Hanya perlu menukar isinya. Mau keras atau lembut, Anda tinggal mengganti cartridgenya. Caranya :

  1. Lepas dulu seperangkat sockbreker. Ukur panjang selongsong sockbreker lama dengan yang baru. Panjang selongsong cartridge harus sama dengan panjang selongsong yang lama, agar cartridge tidak goyang sewaktu dipasang. Begitu juga dengan panjang as harus sama dengan panjang as yang lama. Hanya saja untuk as diameternya boleh lebih.
  2. Jika panjang selongsong dan asnya sudah sama, selanjutnya serahkan pada tukang bubut untuk melepas as sockbreker yang lama. Sekaligus membuat ulir pada selongsong yang disesuaikan dengan cartridge.
  3. Setelah memasang cartridge, periksa kembali posisinya. Pastikan sockbreker baru terpasang sempurna. Kalau masih goyang, besar kemungkinan ulir pada selongsong kurang, sehingga tidak dapat menekan lebih dalam.
  4. Setelah penempatan cartridge beres, sekarang lihat asnya. Agar bisa menempel pada dudukannya, sesuaikan diameter ulir baru dengan dengan ulir pada as sockbreker lama. Supaya klop, bubut dengan berpatokan pada ulir as lama.
  5. Pasang stopper berikut boot-nya sebelum memasang per keong.

Tidak ada komentar: